Sabtu, Disember 04, 2010

BERLIAN-BERLIAN TERMAHAL DI DUNIA



Berlian pink telah menjadi warna yang paling disukai di antara berlian berlian berwarna lain.

Berlian pink berasal dari struktur kristal krn tekanan tinggi, sehingga menghasilkan struktur kristal unik yang menyerap cahaya hijau dan biru, mewujudkan warna merah muda.

Berlian pink juga dipilih oleh banyak orang khususnya kaum wanita sebagai warna berlian yang paling indah, sedemikian langkahnya sehingga biasanya ditemukan hanya dalam ukuran yang kecil saja.

Ditemukan di beberapa tempat di dunia, tetapi sumber terbesar berada di Barat Laut Australia, yang dikenal sebagai pertambangan Argyle.



Ini dia berlian pink yang paling besar, paling mahal, & paling terkenal di dunia:


Darya e Noor




Darya e Noor, berlian pink yang terbesar di dunia, disimpan dengan aman di Museum of the Treasury of National Iranian Jewels. memiliki berat 186 karat, juga dikenal sebagai the Sea of Light, the River of Light,atau the Ocean of Light. Pernah di India sebagai bahagian dari permata mahkota sampai 1739, sebelum pasukan Persia (Iran) membawanya kembali ke negara mereka.



Noor-ul-Ain





Noor-ul-Ain atau "cahaya mata" adalah berlian pink muda, dengan cut oval seberat sekitar 60 karat. Nama ini mungkin diberikan oleh Nader Shah dan anak buahnya, setelah penangkapan dan pemecatan Delhi dan Agra pada 1739 dan diyakini berasal dari tambang Golconda di India. Nama berlian ini sebelumnya tidak diketahui.The Noor-ul-Ain adalah berlian yang dipasang pada tiara/mahkota dibuat untuk Ratu Iran Farah Pahlavi pada pernikahannya dengan Shah Mohammad Reza Pahlavi pada tahun 1958.



The Steinmetz Pink




The Steinmetz Pink muncul sebagai berlian merah muda terbaik yang pernah ditemukan.berasal dari Afrika Selatan. Memiliki berat 59,60 karat dan memiliki nilai Internally Flawless.bentuk aslinya seberat 100-karat intan. Facet yang terbentuk menjadi facet cut campuran yang unik dan khas.



The Shah Jahan




The Shah Jahan adalah berlian pink yang memiliki table cut atau dikenal juga sebagai taviz cut, dengan berat 56,71 karat, dan dirujuk kepada bentuk Great Table Diamond yang dikembangkan/diciptakan oleh Jean-Baptiste Tavernier di Golconda tahun 1642. The Shah Jahan Table Cut sangat mirip dengan permata segi delapan dalam sorban yang merupakan lukisan potret Shah Jahan, dan sesuai dengan deskripsi oleh Aurangzeb, putra Shah Jahan, pada tahun 1665. The Shah Jahan sempat ditawarkan di lelang oleh Christies di Jenewa pada tahun 1985, tapi tidak jadi dijual.



The Agra
Resigzed Image


The Agra dilelong dalam pelelongan Christie's di London pada 20 Juni1990, oleh pewarisnya dari Louis Winans pada tahun 1927.The Agra dinilai oleh Gemological Institute of America sebagai berlian dengan warna alami Fancy Light Pink, dengan clarity VS2. Beratnya 32,34 carats. Diharapkan terjual sebesar £ 1.500.000 tapi setelah perang tawar menawar harga, terjual dengan harga £ 4.070.000 (sekitar $ 6.9 juta). Pemenangnya adalah SIBA Corporation of Hong Kong. Sejak itu penampilan the Agra telah dimodifikasi ke bentuk cushion shape seberat 28,15 karat.



The Pink Sunrise




The Pink Sunrise adalah berlian pink yang mewah, dengan design mirip dengan berlian Centenary yang terkenal (berbentuk hati). Di bentuk oleh Gaby Tolkowsky bersama tim nya (dia juga yang memotong berlian terbesar di dunia, Golden Jubilee diamond). The Pink Sunrise memiliki berat 29,79 karat dengan kelas Internally Flawless (tanpa cacat).



The Rose of Dubai




Pelelongan Christie's yang diselenggarakan di New York, pada 19 Oktober 2005 ini terkenal sebagai pelelongan yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Empat pembeli bersaing untuk mendapatkan berlian pink ini, dan akhirnya pemenangnya adalah Amer Radwan, seorang dealer berlian di Dubai, dengan harga lelong sebesar lebih dari 6 juta US $.berlian pink ini diberi nama The Rose of Dubai, sebuah berlian fancy berwarna pink seberat 25.02-carat menurut GIA.



The Mouawad Lilac




The Mouawad Lilac adalah nama berlian emerald cut seberat 24,44 karat yang merupakan berlian fancy pink, dimiliki oleh Robert Mouawad. Robert Mouawad sendiri adalah seorang pemimpin dealer berlian ternama dunia, Mouawad Jewelers, yang didirikan pada tahun 1890 oleh kakeknya Daoud Mouawad.



The Williamson




Ratu Elizabeth II mempunyai koleksi berlian pink yang indah sebagai hadiah pernikahannya pada tahun 1947, yang diberikan oleh ahli geologi Kanada Dr. John Williamson. The Williamson ini adalah berlian pink seberat 23,6 karat yang dipotong oleh Briefel dan Lemer di London pada tahun 1948 dan disematkan pada tengah bros yang dirancang oleh Cartier pada 1952. Berlian ini ditemukan di sebuah tambang di Tanzania.



The Pink Orchid




Berlian bernama The Pink Orchid ini dimiliki oleh Graff Diamonds of London.Warnanya pink keungu-unguan dengan 'marquise cut', memiliki berat 22,84 karat. Pink Orchid ini dijual seharga sekitar $ 1.000.000 per karat. Dianggap berlian tipe II dan mendapatkan warnanya dari proses yang dikenal sebagai Deformasi Plastik.



The Mouawad Pink




The Mouawad Pink adalah berlian seberat 21,06 karat yang memiliki 'radiant-cut', berwarna fancy pink, serta VS-1 clarity. memiliki bersinar-potong, mewah warna merah jambu, dan VS-1 kejelasan. Meskipun The Mouawad Pink ini adalah berlian yang terkecil di koleksi berlian Mouawad dilihat dalam ukuran, tapi masih bernilai sebesar lebih dari 12 juta US$.



The Hortensia




The Hortensia adalah berlian pink datar, beratnya 20,53 karat. Nama Hortensia berasal dari Ratu Belanda, Hortense de Becuharnias, yang merupakan putri Napolean Bonaparte. The Hortensia dipamerkan di Louvre, Paris. Raja Louis XIV membeli batu berharga ini pada paviliun'nya,Pada tahun 1792, sejumlah perhiasan itu telah dicuri dari Garde Meuble Paris, dan The Hortensia adalah salah satunya.Tapi kemudian ditemukan kembali di Paris.



The Graff Pink Supreme




The Graff Pink Supreme adalah berlian seberat 10,83 karat, berbentuk buah pir dengan nilai colour dan clarity yang tidak diketahui. Namun jika dilihat dari foto-foto yang ada, memiliki clarity Internally flawless, colournya pink tebal/tua sehingga memenuhi syarat sebagai fancy pink diamond. Graff membeli batu ini di pelelangan Christie's di Jenewa lelong pada bulan November 1993 seharga 6.163.500 Franc Swiss.



The Grand Condé




The Grand Condé adalah berlian pink berbentuk pear shape dengan berat 9,01 karat. Louis XIII adalah Raja yang menjadikan berlian ini sebagai hadiah kepada Louis de Bourbon, Pangeran Condé, yang diangkat sebagai Panglima Tentera Perancis yang terkenal dalam Perang Tiga Puluh Tahun, kemudian sang Pangeran menjadi dikenal sebagai Grand Condé. Sampai masa kematiannya pada 1686, sang Pangeran dikenal sangat antusias dalam seni dan juga dalam hal memikat wanita ! Saat ini, berlian The Grand Conde dipamerkan di Musée de Condé di Chantilly, Perancis. Meskipun pada 11 Oktober 1926, berlian itu sempat dicuri dari museum, namun kemudian ditemukan kembali. Ia memiliki nama lain sebagai Condé Pink, Condé Diamond, atau Le Grand Condé.



The Vivid Pink




The Vivid Pink adalah berlian pink yang jarang sekali ada. Sementara mayoritas berlian pink alami menunjukkan warna pink berbias ungu, orange atau abu-abu, The Vivid Pink secara mutlak menunjukkan warna pink yang absolut dan "tidak ada warna sekunder sama sekali". Sehingga berlian seberat 5 karat ini menjadi berlian yang istimewa. The Vivid Pink pada tanggal 1 Desember 2009 ini akan dilelong oleh balai lelang Christie's di Hong Kong, dengan harga awal sebesar 5 juta sampai 7 juta US$. Ini diperkirakan akan menjadi rekor lelang dunia baru untuk berlian pink merah muda setelah lelang serupa yang telah diadakan di Jenewa pada tahun 1994, dimana The Vivid Pink laku seharga 7,4 juta US$. Berlian pink yang indah ini memenuhi syarat sebagai Fancy Pink dari GIA, dan diperkirakan hanya ada 1 dalam 100.000 berlian fancy seperti ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota Kaki

Ingin saya jelaskan bahawa segala kandungan di dalam blog AkuSukaSeni adalah universal dan bukan 100% datang dari idea dan pengetahuan dari saya. Saya banyak mengambilnya dari blog-blog luar atau di mana-mana web yang saya jumpa. Oleh itu, saya tidak kisah jikalau anda semua ingin mengambil segala maklumat di dalam blog ini. Tak perlu tanya lagi ya :)